Sabtu, 16 Oktober 2010

Swiss Gali Terowongan Terpanjang di Dunia

Swiss gali terowongan terpanjang di dunia, panjang dari terowongan ini sekitar 57 kilometer, memakan biaya sebesar $10 miliar jika dirupiahkan sekitar Rp.90 Triliun. Pengerjaan mega proyek ini melibatkan sedikitnya 2500 pekerja.

Pada hari jumat 15 Oktober kemarin, bor raksasa yang digunakan untuk membuat terowongan terpanjang di dunia itu menembus lapisan akhir dari terowongan. Gotthard base tunnel begitu terowongan itu disebut akan dipergunakan sebagai penghubung jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa. Terowongan terpanjang di dunia ini direncanakan akan beroperasi sekitar tahun 2017.

"Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama," kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.

Terowongan Gotthard base tunnel dikonsep pada tahun 1947 oleh seorang insinyur bernama Eduard Gruner. Selain tujuan diatas, tujuan dari pembuatan terowongan terpanjang di dunia ini adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss terhadap negara Eropa lainnya , khususnya pada bidang kereta berkecepatan tinggi lintas Eropa.


Blogger sejati, berkomentar setelah membaca

Posting Komentar

Kasih komentar yaa.. Kan bisa saling berbagi jadinya. makasih..!! :-)

Review Hand Phone ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO