Senin, 25 Oktober 2010

Cara Menghemat Air

Cara menghemat air. Kenapa kita harus menghemat air??

Air, siapa yang tidak membutuhkannya. Mulai dari manusia sampai hewan dan tumbuhan memerlukan air. Setiap hari kita membutuhkan air untuk kelangsungan kehidupan kita. Kita membutuhkan air bersih untuk kita konsumsi atau untuk kita gunakan untuk membersihkan diri. Agar kita tidak kesulitan mendapatkan air, maka kita harus mencari cara menghemat air.

Saat ini mungkin anda tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih bagi kehidupan anda. Tapi bukan tidak mungkin, suatu saat nanti air bersih akan menjadi langka dalam hidup kita.

Berikut enam cara menghemat air :

1. Hindari botol plastik
Air mineral yang dikemas dalam botol plastik sekali pakai sangat tidak efisien. Kemasan botol plastik sangat sulit mengurai dalam tanah, untuk mengurai pun membutuhkan waktu lama. Racun dalam botol plastik juga bisa mengontaminasi tanah dan sumber-sumber air. Sebaiknya gunakan botol kemasan yang bisa digunakan berkali-kali dan diisi ulang.

2. Gunakan filter air
Jika Anda peduli dengan kualitas air, untuk mendapatkan air minum gunakanlah alat filter air. Lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli air setiap waktu dan tidak memerlukan plastik galon. Mudah, murah dan bebas sampah.

3. Dekatkan shower
Tempatkan shower lebih dekat dengan kepala. Ini akan membuat Anda berbilas lebih cepat, sehingga mandi bisa dilakukan dalam lima menit maksimal 10 menit.

4. Ganti flush toilet
Banyak toilet yang boros air. Jika toilet Anda demikian segera ganti dengan tombol flush baru yang lebih hemat air.

5. Kurangi rumput
Jangan terlalu banyak menanam rumput. Untuk memeliharanya membutuhkan banyak air. Pilih saja tanaman yang tidak terlalu banyak air untuk memeliharanya. Anda bisa menanyakannya pada penjual tanaman.

6. Jangan biarkan kran bocor
Segera perbaiki atau ganti jika ada kran yang bocor. Membiarkannya hanya akan membuat air terbuang percuma. Belum lagi pompa yang bisa terus-menerus menyala. Bukan hanya menghemat air tetapi juga listrik.

Kalau kita bisa menerapkan 6 cara menghemat air di atas, paling tidak beberapa puluh tahun ke depan air bersih masih bisa dengan mudah kita dapatkan :-)

sumber : vivanews

4 tanggapan:

Medi mengatakan...

Makasi banyak atas infonya..sangat membantu..

Unknown mengatakan...

sama-sama.. senang ada yang terbantu.

marcia mengatakan...

aku juga lagi hemat air nih,,,

Unknown mengatakan...

ga kebayang klo aer dah langka

Posting Komentar

Kasih komentar yaa.. Kan bisa saling berbagi jadinya. makasih..!! :-)

Review Hand Phone ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO