Sabtu, 13 Februari 2010

Beberapa Kesalahan Blogger Pemula

Tulisan yang sebenarnya menginspirasi diri saya sendiri ini ingin coba saya bagi. Sebagai seorang blogger pemula yang sering melakukan kesalahan, maka beberapa kesalahan inilah yang sering saya lakukan selama aktivitas blogging ini.

Berikut beberapa kesalahan blogger pemula seperti saya :

1. Sering gonta-ganti themes atau template blog
. Merasa tidak puas dengan satu desain blog, maka segera menggantinya dengan yang lain. Sehingga tidak ada template yang lama bertahan, bahkan karena sering ganti template blog, isi dari blog itu sendiri terlupakan.

2. Sangat terobsesi dengan statistik dan
komentar pada blog. Kebanyakan blogger pemula seperti saya sangat terobsesi dengan yang namanya komentar dan statistik blog. Saya sendiri sejak membuat blog ini satu dua jam sudah ngecek komentar dan statistik blog. Jam berikutnya kembali ngecek komentar dan statistik blog. Dan akhirnya kalau itu berlangsung terus menerus malah kita akan menjadi malas untuk posting dan akhirnya kalo komentar dan statistik blog tidak sesuai dengan keinginan kita sudah dipastikan kita akan pesimis dan bisa jadi menutup blog milik kita.

3. Tidak melakukan posting secara berkala.
Kebanyakan blogger pemula tidak melakukan postinganyya secara berkala. Padahal sebuah blog seharusnya menyediakan conten yang selalu terupdate dalam jangka waktu tertentu. Kalau posting artikel saja sudah malas maka akan jadi apa blog kita.. pastinya kosong melompong.

4. COpy paste mentah-mentah. Ada kalanya memang kita malas untuk posting dan kepala seakan kosong dari ide untuk posting (apa), sehingga jalan keluarnya adalah COPAS artikel dari tetangga sebelah. Dan lebih parahnya lagi artikelnya di COPAS mentah-mentah bahkan tidak mencantumkan sumbernya. Ini juga yang sering saya lakukan, padahal pengunjung sebenarnya membutuhkan konten yang orsinil dan dibuat dengan sepenuh hati, sehingga bisa bermanfaat untuk mereka. Nah kalo bisa, walaupun COPAS tetap harus mencantumkan sumber, dan lebih bagus lagi tulislah komentar kita sendiri untuk menanggapi artikel yang kita COPAS okee..!!

5. Terobsesi dengan widget.
Banyak blogger pemula memasangan banyak widget di blognya. Padahal widget tersebut tidak berhubungan dan tidak ada fungsinya dipasang di blog selain membuat ruwet dan berat loading blog. Nah..yang ini juga selalu saya lakukan. Padahal widget yang saya pasang sama sekali tidak ada gunanya untuk menambah fungsi pada blog.

Oke itulah beberapa kesalahan ngeblog yang ketahuana sama saya dan sangat saya sadari..padahal banyak sekali kesalahan lain yang saya lakukan sebagai blogger pemula. Semoga ini bisa menjadi pelajaran untuk saya dan juga bisa menjadi artikel istrospeksi buat diri sendiri dan sobat blogger yang kebetulan melakukan kesalahan yang sama..semoga bermanfaat,


5 tanggapan:

Unknown mengatakan...

Benar mas,saya sekarang pun masih begitu banyak widget yang tidak diperlukan,maka nya sekarang saya mulai pilah-pilah widget apa yang memang penting.

Fais Wahid mengatakan...

maaf sob kLo aku ga' tau masaLah kayak gituan krna ku takut ngasih info yg amburadul..
pa lagi kalau soal SEO ma PR aku cuma untung2an...
tp ntar aku usaha_in tuk ngumpulin smwa data usaha yg prnah ku lakuin untuk mndapatkan PR....

Rustama Efendi mengatakan...

Makasih mas. Tahu kesalahan kan kita bisa memperbaikinya. Lanjut...

Dalz mengatakan...

kadang gw sering gonta ganti template, tapi isi tetep jalaaaan n update, kalo widget emang bener sih seperlunya aja,, males kalo masuk blog yg penuh sama widget,,

Unknown mengatakan...

bener banget gan, setujuh banget sama update isi blog..ntu yang paling banget penting. ngga kaya punya ane nih..wakakak tq dh kunjung

Posting Komentar

Kasih komentar yaa.. Kan bisa saling berbagi jadinya. makasih..!! :-)

Review Hand Phone ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO